"Menebar Kebaikan" untuk Sesama




Menebar sesuatu kebaikan dan keburukan kepada sesama manusia pasti ada balasannya :

“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikansekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah: 1-8)
Maka berbuatlah kebaikan  walau sekecil kurma karena kebaikan yang ditanam  tidak akan berbuah nista pasti akan berbuah kebaikan juga. maka marilah kita berbuat kebaikan  dengan di awali niat yang baik dengan keihklasan hati dari kita sendiri , keluarga,saudara dan tetangga.tengoklah tetangga kita sebelum jauh menebar kebaikan hingga jauh adakah kaum Dhuafa (Anak Yatim,Janda dan orang miskin,orang-orang fakir,Muallaf,Hamba Sahaya atau Budak,korban bencana) di sekitar kita. sepertihalnya  anak yatim pernahkah kita menengok? karena penderitaan anak yatim tidak sebanding dengan anak biasa itu contoh kecil,jika kita punya harta yang berlebih segerakan Zakat dan Shodaqohkan.apakah kita lupa harta yang diterima dari mana dari Allah SWT karena sebagian hartamu ada hak orang lain.



Ilustrasi: Kaum Dhuafa

Kebaikan berbagi tebarkan sesama karena Allah SWT memerintahkan kita berlomba-lomba dalam kebaikan karena timbangan akhirat sangat menentukan nasib kita,pertama kali yang ditanya adalah Sholat dan ibadah yang lainnya yang menggambarkan kebaikan.pernahkah kita mengingat mati ya pastinya kita akan mengerti perihnya siksaan-siksaan di akhirat.apa yang kita lakukan di dunia dengan dilihatnya bagaikan cermin masa lalu yang kita lakukan di dunia.
jika kita punya harta yang berlebih atau kecukupan sisakan untuk shadaqoh Allah Berfirman:

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui". QS. Al-Baqarah: 261
Utsman bin Affan sahabat nabi yang punya kisah seorang pedagang kaya raya dan sangat dermawan dan beliau tidak tanggung-tanggung untuk menyedekahkan hartanya untuk kepentingan syiar islam.
mungkin didalam pikiran kita Utsman bin Affan  adalah sahabat Rosulullah jika kembali kebelakang cerita Utsman bin Affan  sebelum masuk islam hanya orang yang biasa walaupun dia pedagang yang belum dijamin Allah masuk surga.

Kisah lain tentang nabi yang kaya raya dan tidak sombong dan baik hati  yaitu nabi ayyub ,Nabi Ayyub a.s keturunan nabi Ishaq a.s bin Ibrahim a.s Beliau adalah seorang nabi yang kaya raya. binatang ternaknya beliau tidak pernah sombong.Nabi Ayyub a.s terkenal sabar dan dermawan.suka menolong fakir miskin,yatim piatu.dan orang-orang yang membutuhkan.Nabi Ayyub juga pernah mendapat ujian dari Allah.Hartanya yang banyak hari demi hari berkurang sehingga ia jatuh miskin.Walaupun miskin Nabi Ayyub a.s tidak mengemis imannya tidak goyah karena ia ingat bahwa ketika lahir kedunia pastinya tidak mempunyai apa-apa.harta datang dari Allah dan kembali juga kepada manusia itupun karena Allah S.W.T.Nabi Ayyub a.s baik ketika kaya raya atau ketika miskin senantiasa taat kepada Allah, selalu bersyukur.bahkan ketika ia jatuh miskin yang bersedekah lebih mulia disisi Allah SWT.Sebaliknya,orang kaya yang kikir adalah yang paling hina disisi Allah SWT.

Suka bersedekah Nabi Muhammad Bersabda:

 " Tidak ada satu hari pun,pada saat para hamba bangun di waktu pagi,kecuali ada dua malaikat yang turun.salah satunya berkata,Ya Allah,berilah ganti rugi kepada orang yang berinfak.yang lain mengatakan, Ya Allah,berilah kebangkrutan kepada orang yang kikir" ( HR.Imam Bukhari dan Muslim)

Kita kembali lagi diawali dengan niat , ya niat agar semua berjalan sesuai dengan tujuan yang di ridhoi Allah SWT , Rasulullah SAW Bersabda :

“Sesungguhnya amal perbuatan tergantung pada niat, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya maka ia akan mendapat pahala hijrah menuju Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang ingin diperolehnya atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka ia mendapatkan hal sesuai dengan apa yang ia niatkan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Jangan lupa jaga kesantunan karena kesantunan juga adalah kebaikan yang sangat penting dalam kehidupan dalam kesantunan berarti halus budi,baik bahasa dan sopan tingkah lakunya.orang santun biasanya sabar,tenang,sopan,penuh rasa belas kasihan dan suka menolong dengan ikhlas.sedangkan menghargai berarti menghormati,mengindahkan,dan memandang penting kepada orang lain.orang yang tidak menghargai berarti orang yang meremehkan atau tidak peduli terhadap orang lain 

Marilah kita segerakan berbuat baik dengan apapun agar orang sekitar kita tersenyum jangan ada prasangka buruk yang berlebihan yang buat kita menjadi tidak tenang karena godaan dalam berbuat baik.sadaqah kita  bisa lewat dompetdhuafa.org  dengan siapa saja boleh niatkan dan amalkan.
jangan sampai terlewat dan ragu karena Allah berfirman:

“Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al-Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al-Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar”. (Q.S. Al-Baqarah [2]: 23).


Segala puji bagi Allah dan Mahasuci Allah sepanjang pagi dan petang .sungguh,aku hadapkan wajahku kepada wajah-mu yang telah menciptakan langit dan bumi,dengan penuh kelurusan dan penyerahan diri dan aku tidak termasuk orang-orang yang mempersekutukan-Mu.Maha Puji bagi Allah penguasa langit dan bumi.


Mantabkan untuk sedeqah dan amalan baik lainnya mantabkan karena Allah SWT 
dari hati yang ikhlas untuk kita di dunia dan akhirat ! yakinlah Allah SWT selalu bersama kita.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Senangnya Terbang Bersama Paralayang di Karanganyar

Suasana Idul Fitri di Bendan Sari - Pekalongan Kota

Penginapan Karanganyar - Pengalaman di Hotel Pringgosari Yang Pernah Disinggahi Bung Karno,